Audit Kinerja 2.0: Inspektorat Jenderal Kemenag Visitasi IAIN Kediri

Berita Terbaru | 03 Mei 2021

IAIN Kediri Newsroom – Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan kunjungan ke IAIN Kediri dalam rangka audit pelaksanaan tugas dan fungsi tahun anggaran 2020 pada IAIN Kediri. Pelaksanaan audit kinerja ini akan berlangsung selama dua minggu mulai tanggal 16 April 2021 hingga 4 Mei 2021. 

Pada hari Senin kemarin (19/4) Tim Auditor Inspektorat Jenderal melaksanakan entry meeting audit kinerja di Aula Lantai IV IAIN Kediri. Acara pembukaan ini dihadiri oleh para jajaran pimpinan rektorat, fakultas, dan lembaga IAIN Kediri.

Andewi Susetyo, selaku Pengendali Teknis pada audit ini menyatakan bahwa audit kinerja saat ini telah berbasis 2.0. “Sebelumnya ini ada audit kinerja 1.0 dan sekarang berubah menjadi audit kinerja 2.0. Perubahan system audit dari 1.0 menjadi 2.0 karena empat alasan,” ujar Andewi. (1) capaian audit kinerja belum menggambarkan kinerja tugas dan fungsi satuan kerja; (2) penilaian kinerja sangat tergantung pada besaran anggaran yang dikelola; (3) capaian tingkat kepuasan layanan pada stakeholders belum terukur; dan (4) outcome yang dicapai auditi belum terukur. 

Ada empat fungsi utama yang diaudit pada pelaksanaan audit kinerja kali ini yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan, serta pencapaian hasil (outcome). Tim Auditor menyampaikan bahwa tujuan audit kinerja ini adalah; pertama, untuk mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap satuan kerja yang meliputi audit atas aspek kehematan (ekonomis), efisiensi, dan efektivitas. Kedua, untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional satuan kerja. Ketiga, untuk memberikan peringatan dini atas kinerja dan pencapaian sasaran dan/atau tujuan yang telah direncanakan satuan kerja.

Rektor IAIN Kediri, Nur Chamid, dalam sambutan acara mengingatkan bahwa audit kinerja ini tidak hanya sekadar kegiatan audit saja, namun juga untuk perbaikan ke depannya. “Audit ini bukan untuk mencari kesalahan, tapi sesungguhnya adalah mengarahkan bagaimana kinerja itu biar lebih tepat untuk kita,” ungkapnya.

Humas IAIN Kediri | Penulis: Zuhrufi Latifah | Editor: Ropingi el Ishaq
Source : http://iainkediri.ac.id/audit-kinerja-2-0-inspektorat-jenderal-kemenag-visitasi-iain-kediri/

Share:
-->